komik

Cara Menerbitkan Komik Secara Mandiri Paling Mudah

Meskipun jumlah pecinta komik belakangan ini mengalami peningkatan, bukan hal mudah bagi para komikus untuk bisa menembus penerbit. Menerbitkan karya komik pribadi bukanlah hal yang gampang. Hal ini mendorong para komikus untuk melakukan penerbitan secara mandiri. Ada banyak cara yang bisa dilakukan para komikus ini untuk mengenalkan karya yang mereka miliki kepada para pecinta komik.

Menjadi seorang komikus biasanya dilatarbelakangi oleh minat dan bakat yang sebelumnya sudah dimiliki. Para komikus rata – rata berasal dari orang yang memiliki minat dan bakat di bidang komik. Mereka ingin menyalurkan keterampilan yang mereka miliki yakni membuat sebuah komik. Menjadi komikus ini bisa ditekuni hingga menjadi seorang komikus professional dan ada juga yang menjadikan komikus sebagai pekerjaan freelance.

Ketika sudah terjun ke dunia komik, anda harus mampu mengenalkan karya yang anda miliki tersebut ke khalayak umum. Menjadi komikus tidak hanya sekedar membagikan karya yang dimiliki namun juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan. Komikus bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan karya komik yang berhasil di terbitkan. Semakin banyak orang yang membaca komik tersebut tentu semakin banyak pula uang yang akan didapatkan.

Agar komik bisa terbit di platform online atau di media cetak bukanlah hal yang mudah. Anda harus memiliki komik yang berkualitas agar penerbit bisa menerima karya tersebut. Karena tidak mudah itulah yang membuat beberapa para komikus mencoba untuk menerbitkan komik tersebut secara mandiri. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menerbitkan komik secara mandiri paling mudah untuk para komikus.

1. Mencetak Komik

Jika anda seorang komikus baru yang mencoba peruntungan di dunia komik, cobalah untuk mencetak komik secara mandiri. Tidak mudah bagi pemula komikus yang ingin karya komiknya dikenal banyak orang. Karena masih baru, anda bisa menjual komik tersebut dengan harga murah ataupun memberikannya secara gratis ke beberapa pecinta komik. Jika komik tersebut memiliki cerita yang menarik, anda bisa membuat karya dan mencoba menjualnya.

2. Publikasikan Komik Melalui Penerbit Mandiri

Jika anda kesulitan untuk meloloskan komik ke beberapa penerbit, anda jangan langsung berputus asa. Cobalah untuk mempublikasikan komik tersebut ke penerbit mandiri. Ada beberapa situs yang bisa anda pakai untuk mempublikasikan karya komik tersebut. Masuk ke dalam situs tersebut dan cari tahu syarat apa saja yang dibutuhkan. Setiap penerbit mandiri menyediakan persyaratan yang cukup berbeda.

3. Jual Komik di Pameran

Menerbitkan komik secara mandiri bisa dengan cara menjualnya. Setelah anda mencetak komik dalam bentuk buku, anda bisa mencoba menjualnya. Cobalah untuk mencetak komik tersebut dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Pajang komik yang sudah anda cetak tersebut ke beberapa pameran yang ada di wilayah sekitar anda. Pameran menjadi salah satu tempat terbaik yang bisa digunakan untuk mempromosikan karya komik yang anda miliki. Sasaran akan lebih tepat jika mempromosikan komik tersebut melalui pameran.

4. Iklankan Komik Melalui Komunitas

Berniat untuk menerbitkan komik secara mandiri anda juga membutuhkan dukungan komunitas. Tentu anda memiliki komunitas komikus yang bisa anda hubungi untuk saling memberikan dukungan. Iklan menjadi media paling mudah untuk mengenalkan komik yang anda miliki ke khalayak umum. Iklan melalui komunitas atau disitus yang banyak traffik visitor nya seperti forum atau situs slot online ini akan lebih mudah untuk mencapai sasaran anda.

5. Bagikan Brosur

Cetaklah sebuah brosur yang berisi berbagai informasi mengenai karya komik anda. Brosur tersebut bisa menjadi media promosi anda untuk mengenalkan karya komik ke banyak orang. Brosur yang berhasil di cetak bisa ditempelkan di beberapa tempat seperti toko buku, toko alat tulis dan berbagai tempat yang lain. Pastikan tempat yang anda pakai untuk menyebarkan brosur tersebut masih ada hubungannya dengan buku komik.

6. Bergabung Komunitas Komik

Jika anda ingin menjadi seorang komikus, anda tidak bisa berdiri sendiri. Untuk bisa membangun nama komikus yang besar anda membutuhkan komunitas. Keberadaan komunitas ini sangat penting untuk membuat anda berkembang. Bergabunglah ke dalam beberapa komunitas komik sehingga anda memiliki banyak saran untuk bisa menerbitkan komik dengan lebih mudah.

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menerbitkan komik secara pribadi. Menjadi seorang komikus bukanlah hal yang mudah. Terlebih saat ini banyak yang menyukai buku komik, semakin banyak pula para komikus baru yang mulai terjun ke dua komik. Selain itu menjadi komikus tidak mudah karena untuk menembus penerbit tidaklah mudah. Hanya komik pilihan dengan cerita dan gambar menarik yang bisa dengan mudah diterbitkan melalui berbagai penerbit.

Kunci agar bisa bersaing dengan para komikus lainnya adalah menerbitkan komik secara mandiri. Menerbitkan komik mandiri ini tidak mengharuskan anda mengeluarkan uang yang banyak. Bahkan anda bisa menghemat pengeluaran sesuai dengan yang anda inginkan. Anda bisa mencetak buku komik dengan ukuran yang kecil atau ukuran sedang untuk mengehemat budget saat mencetak.

Selain itu melakukan penerbitan secara mandiri menggunakan beberapa cara yang sudah dipaparkan di atas, anda juga harus melakukan promosi. Semakin banyak orang yang mengenal karya komik anda maka semakin mudah untuk menjual karya tersebut. Lakukan promosi menggunakan berbagai cara agar lebih mudah sampai ke target anda. Melalui profesi komikus ini anda tidak hanya bisa menyalurkan hobi dan bakat yang anda miliki namun anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan di setiap karya yang anda terbitkan.